Kamis, 26 Desember 2013

Hikmah Minum Sambil Duduk

 
Telah dibuktikan dari segi kesehatan bahwasanya air minum yang masuk kedalam tubuh dengan cara minum sambil duduk akan disaring oleh sfringer. Sfringer adalah suatu struktur maskuler (berotot) yang bisa membuka (sehingga air kemih bisa lewat) dan menutup. Setiap air yang kita minum akan disalurkan pada pos- pos penyaringan yang berada di ginjal.



Nah, Jika kita minum berdiri, Air yang kita minum tanpa disaring lagi. Langsung menuju kandung kemih sehingga terjadi pengendapan disaluran ureter. Karena banyak limbah-limbah yang tersisa di ureter. Inilah yang bisa menyebabkan penyakit kristal ginjal.
Cara mengatasinya :
1. Biasakan minum duduk.
2. Perbanyak minum air putih dan jangan terburu-buru.

Nabi Muhammad SAW telah mengingatkan hal ini  jauh sebelum peradaban modern.
عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسّلَّمَ أَنَّهُ رَأٰٰى رَجُلاً يَشْرَبُ قَا ءِمًا فَقَالَ لَهُ : قِهْ ، قَالَ : لِمَهْ ؟ قَالَ : أَيَسُرُّكَ أَنْ يَشْرَبَ مَعَكَ الْهِرُّ ؟ قَالَ : لاَ ، قَالَ : فَاِنَّهُ قَدْ شَرَبَ مَعَكَ مَنْ هُوَ شَرُّ مِنْهُ ! أَالشَّيْطَانُ !!

"Dari Abu Hurairah, Nabi SAW bahwa sesungguhnya beliau melihat seorang lelaki minum dengan berdiri. Kemudian beliau bersabda kepadanya, Muntahkanlah! Orang itu bertanya, Mengapa? Beliau bersabda, Apakah kamu suka jika minum bersama dengan kucing?? Orang lelaki itu menjawab ?Tidak.. Beliau bersabda lagi, Sesungguhnya telah minum bersamamu sesuatu yang lebih buruk dari itu, yaitu syaitan!"
لاَ يَشْرَبَنَّ أَحَدٌ مِنْكُمْ قَائِمًا
"Sungguh janganlah salah seorang dari kamu makan dan minum sambil berdiri
(HR. Imam Muslim)
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan. Atau di kosongkan bila anda tidak ingin menampilkan pesan komentar.