Minggu, 29 Desember 2013

Mengapa Olahraga itu Penting?

Mengapa kita harus berolahraga? Kenapa olahraga selalu dihubungkan dengan kesehatan? Apa yang terjadinya didalam tubuh kita apabila kita rutin berolahraga?


Pertanyaan-pertanyaan diatas wajar dilontarkan. Karena kita harus tahu arti pentingnya olahraga untuk kesehatan jasmani. Sehingga semakin sadar akan berharganya sehat dan pentingnya olahraga.





Jadi begini Ms.Chemz & Mr.Pop.. 

Olahraga merupakan kegiatan olah tubuh yang bermanfaat untuk kesehatan. Olah tubuh memiliki ragam, mulai dari gerakan kepala, tangan, kaki dan bagian tubuh lainnya. Gerakan-gerakan tersebut disinyalir dapat merangsang pergerakan syaraf. Perkembangan olahraga juga makin pesat, dengan munculnya cabang-cabang olahraga baru. Setiap jenis olahraga memiliki manfaatnya masing-masing, tergantung dari pergerakan dan intensitasnya.

Secara ilmiah, olahraga memacu otot-otot jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Normalnya, darah mengalir keseluruh tubuh bersama hemoglobin yang mengangkut oksigen dan mengantarkan oksigen dari ujung kepala ke ujung kaki. Ketika berolahraga suplai oksigen dalam tubuh meningkat, meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, khususnya aliran darah ke otak. Hal ini dipercaya dapat meningkatkan kemampuan otak menjadi lebih baik.

Olahraga dapat mencegah terserang penyakit struk. Adakalanya ketika kita makan karbohidrat atau lemak dalam jumlah yang berlebih maka tubuh akan menyimpan kelebihannya dalam bentuk lemak. Ketika kadar lemak dalam darah kita tinggi. Maka lemak akan berkumpul dalam pembuluh darah, jika suatu saat penumpukan lemak dalam darah tinggi maka pembuluh darah akan pecah. Jika pembuluh darah yang pecah ada di mata, akan menyebabkan kebutaan. Kalau pembuluh darah ada di tangan, akan menyebabkan lumpuh atau biasa disebut sebagai struk. Olahraga dapat membakar lemak karena gerakan-gerakan dalam berolahraga menyebabkan lemak menjadi larut.

Olahraga membuat tulang menjadi sehat dan kuat, karena dapat menambah massa tulang dan mencegah osteoporosis. Tapi, kebutuhan vitamin dan kalsium juga harus diimbangi. Selain itu, wajah juga lebih segar karena aliran darah sampai kewajah dan olahraga memacu kelenjar keringat dan kotoran keluar lebih banyak sehingga wajah menjadi lebih segar.



Nah, sekarang udah tau kan manfaat berolahraga? Masih malas berolahraga? Pikirkan kembali hal-hal diatas. Sehat itu beharga, kalau sudah sakit baru terasa nikmatnya sehat.


Sekian Ms.Chemz & Mr.Pop.. Semoga postingan kali ini bermanfaat dan menginspirasi 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan. Atau di kosongkan bila anda tidak ingin menampilkan pesan komentar.